Aplikasi Facebook Sudah Punya Mode Gelap Baru Sebagian yang Dapat

Posted on

Aplikasi Facebook Sudah Punya Mode Gelap Baru Sebagian yang Dapat – Facebook ternyata sudah menyediakan tombol Mode Gelap ( Dark Mode) di aplikasi, namun baru untuk sejumlah pengguna terbatas. Ini menjadi bagian dari uji coba yang dilakukan oleh Facebook, untuk mendapat masukan pengguna. Sebelumnya, Facebook memang pernah mengatakana akan menghadirkan opsi tampilan serba hitam, alias dark mode di dalam aplikasi Facebook versi Android dan iOS.

Aplikasi Facebook Sudah Punya Mode Gelap Baru Sebagian yang Dapat

Mode gelap untuk versi web telah dirilis Facebook sebelumnya. Kini, Facebook secara tidak langsung mengonfirmasi kehadiran fitur tersebut. Alih-alih konfirmasi secara langsung, pengujian dark mode ini terungkap dari sebuah video yang diunggah oleh periset aplikasi kenamaan, Jane Manchun Wong, di jejaring sosial Twitter. Video tersebut diklaim merupakan kolaborasi Jane dengan pihak Facebook, sehingga bisa dikatakan resmi.

Facebook is publicly testing Dark Mode! ???? You asked it, I chatted with Facebook’s @alexvoica about it and here’s a video made in collaboration with Facebook! pic.twitter.com/TGjdTXDxoP — Jane Manchun Wong (@wongmjane) October 30, 2020 Seperti bisa disimak di video di atas, pengguna Facebook nantinya bakal disodori dengan tampilan latar belakang aplikasi yang sarat akan warna hitam, berikut teks berwarna putih.

Meski demikian, elemen berwarna biru yang menjadi khas Facebook masih akan tetap menghiasi desain antarmuka (interface) aplikasi tersebut. Di antaranya seperti warna tab/menu yang sedang dipilih, beragam tombol konfirmasi, chat bubble, ikon “like”, dan lain sebagainya. Adapun tampilan ini bisa diaktifkan melalui menu pengaturan di laman “Settings & Privacy”.

Tepat di bawah menu “Your Time on Facebook”, pengguna lantas bisa memilih menu “Dark Mode” dan mengaktifkannya dengan memilih opsi. Sebagai informasi, fitur dark mode sendiri kian menjadi tren di kalangan pengguna dan pembuat aplikasi lantaran memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan oleh layar ponsel. Hal ini berguna untuk melindungi mata pengguna, terutama saat mereka berada di lingkungan dengan pencahayaan remang-remang.

Di samping lebih nyaman di mata, mode gelap juga dapat menghemat pemakaian baterai, terutama di perangkat dengan layar OLED. Terkait dark mode, Facebook sebelumnya sudah lebih dulu menghadirkan mode gelap di versi web dari layanannya yang bisa diakses lewat peramban (browser) desktop. Layanan-layanan lain di bawah bendera Facebook juga telah mendapatkan dark mode lebih awal, sebut saja seperti Instagram, WhatsApp, hingga Messenger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *