Samsung Umumkan Kehadiran Galaxy A12 dan A02s, Dijual Tahun Depan

Posted on

Samsung Umumkan Kehadiran Galaxy A12 dan A02s, Dijual Tahun Depan – Beberapa pekan belakangan ini kita sudah mendengar bahwa Samsung disebut-sebut sedang menggarap Galaxy A12 dan Galaxy A02s. Kini, kedua smartphone tersebut sudah secara resmi diperkenalkan oleh Samsung dan melengkapi jajaran lini A Series yang sebelumnya sudah ada.

Samsung Umumkan Kehadiran Galaxy A12 dan A02s, Dijual Tahun Depan

Kehadiran Galaxy A12 sudah dipastkan untuk menggantkan perjalanan Galaxy A11 yang diperkenalkan pada bulan Maret lalu. Galaxy A12 yang datang menjelang akhir tahun 2020 ini membawa peningkatan pada sektor kamera dan baterai yang disematkan.

Sebelumnya, Galaxy A11 hanya dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh, sedangkan Galaxy A12 dikirim dengan baterai 5.000 mAh, meskipun keduanya punya pengisi daya yang sama, yakni 15W. Di sektor kamera, Samsung membekali Galaxy A12 dengan dukungan empat buah lensa di bagian belakang.

Galaxy A11 datang dengan tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 13 MP, lensa ultra-wide 5 MP serta sensor kedalaman 2 MP. Sementara, Galaxy A12 tetap mempertahankan lensa ultra-wide dan sensor kedalaman, menukar kamera utama 13 MP dengan 48 MP dan menambah lensa makro 2 MP. Ini diatur dalam formasi persegi.

Di sektor tampilan, Galaxy A12 memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan masih menganut desain Infinity-V yang sedikit lebih besar untuk menampung kamera depan 8MP. Bisa dikatakan hal ini tidak berubah dibandingkan dengan Galaxy A11.

Masuk ke dalam tubuhnya, kita akan menemukan prosesor Octa-core yang terdiri dari inti CPU yang memiliki clock speed 2,3GHz dan 1,8GHz. Samsung tidak menyebutkan chipset apa yang digunakannya, namun melihat konfigurasi tampaknya smartphone tersebut ditenagai oleh Helio P35 dari MediaTek.

Selain itu, Samsung juga tidak mengungkapkan versi Android apa yang digunakan oleh Galaxy A12. Smartphone ini hadir dengan RAM 3 GB, 4 GB, atau 6 GB dan memiliki tiga opsi penyimpanan internal, yakni 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Pengguna juga mendapatkan slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan hingga 1TB.

Galaxy A12 memiliki fitur sensor pembaca sidik jari yang dipasang di bagian samping perangkat. Smartphone ini juga hadir dengan platform keamanan Samsung Knox, dan ditawarkan dalam berbagai pilihan warna, yakni Hitam, Biru, Putih dan Merah.

Pengguna yang tertarik membeli smartphone ini harap sedikit bersabar. Pasalnya, Galaxy A12 baru akan tersedia mulai Januari 2021. Varian 64 GB dijual dengan harga € 179 atau sekitar Rp3 juta, sementara untuk varian tertinggi, konsumen perlu menambah sekitar € 20 (Rp300 ribu).

Galaxy A02s datang menindak lanjuti perjalanan Galaxy A01 yang diumumkan Desember tahun lalu. Smartphone ini dibangun dengan layar 6,5 inci dan memiliki resolusi HD+ Infinity-V. Untuk dapur pacunya, ada prosesor Octa-core dengan clock speed 1.8GHz, yang bisa menjadi bagian dari Snapdragon 450.

Sementara itu, untuk dukungan memorinya, Galaxy A02s hadir dengan RAM sebesar 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Samsung juga masih melengkapi smartphone ini dengan slot microSD untuk memudahkan pengguna yang ingin memperluas kapasitas penyimpanannya.

Untuk sektor fotografi, pengguna akan mendapatkan total empat kamera. Satu kamera depan dengan resolusi 5 MP dan kamera utama 13 MP di bagan belakang yang bergabung bersama lensa makro 2 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Sementara, untuk catu daya ada baterai 5.000 mAh plus pengisian daya 15W.

Bagi konsumen yang tertarik membeli smartphone A Series entry-level ini ada dua pilhan warna yang ditawarkan oleh Samsung, yakni Hitam dan Putih. Smartphone ini baru akan dipasarkan mulai Februari tahun depan dengan harga € 150 atau sekitar Rp2,5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *